Tentang Ponpes Langitan

SEJARAH BERDIRI DAN PERKEMBANGANNYA

Lembaga pendidikan yang sekarang ini dihuni oleh lebih dari 5500 santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dan sebagian Malaysia ini dahulunya adalah hanya sebuah surau kecil tempat pendiri Pondok Pesantren Langitan, KH. Muhammad Nur mengajarkan ilmunya dan menggembleng keluarga dan tetangga dekat untuk meneruskan perjuangan dalam mengusir kompeni penjajah dari tanah Jawa

musholla-putra-lamaKH. Muhammad Nur mengasuh pondok ini kira-kira selama 18 tahun (1852-1870 M), kepengasuhan pondok pesantren selanjutnya dipegang oleh putranya, KH. Ahmad Sholeh. Setelah kira-kira 32 tahun mengasuh pondok pesantren Langitan (1870-1902 M.) akhirnya beliau wafat dan kepengasuhan selanjutnya diteruskan oleh putra menantu, KH. Muhammad Khozin. Beliau sendiri mengasuh pondok ini selama 19 tahun (1902-1921 M.). Setelah beliau wafat matarantai kepengasuhan dilanjutkan oleh menantunya, KH. Abdul Hadi Zahid selama kurang lebih 50 tahun (1921-1971 M.), dan seterusnya kepengasuhan dipercayakan kepada adik kandungnya yaitu KH. Ahmad Marzuqi Zahid yang mengasuh pondok ini selama 29 tahun (1971-2000 M.) dan keponakan beliau, KH. Abdulloh Faqih. Untuk lebih jelasnya tentang biografi para Pengasuh Pondok Pesantren Langitan dapat dibaca dalam “Biografi Ringkas Lima Pengasuh Pondok Pesantren Langitan”.

Perjalanan Pondok Pesantren Langitan dari periode ke periode selanjutnya senantiasa memperlihatkan peningkatan yang dinamis dan signifikan namun perkembangannya terjadi secara gradual dan kondisional. Bermula dari masa KH. Muhammad Nur yang merupakan sebuah fase perintisan, lalu diteruskan masa H. Ahmad Sholeh dan KH. Muhammad Khozin yang dapat dikategorikan periode perkembangan. Kemudian berlanjut pada iepengasuhan KH. Abdul Hadi Zahid, KH. Ahmad Marzuqi Zahid dan KH. Abdulloh Faqih yang tidak lain adalah fase pembaharuan.

Dalam rentang masa satu setengah abad Pondok Pesantren Langitan telah menunjukkan kiprah dan peran yang luar biasa, berawal dari hanya sebuah surau kecil berkembang menjadi Pondok yang representatif dan populer di mata masyarakat luas baik dalam negeri maupun manca negara. Banyak tokoh-tokoh besar dan pengasuh pondok pesantren yang dididik dan dibesarkan di Pondok Pesantren Langitan ini, seperti KH.Kholil Bangkalan, KH. Hasyim Asy’ary, KH. Syamsul Arifin (ayahanda KH. As’ad Syamsul Arifin) dan lain-lain.

Dengan berpegang teguh pada kaidah “Al-Muhafadhotu Alal Qodimis Sholeh Wal Akhdu Bil Jadidil Ashlah” (memelihara budaya-budaya klasik yang baik dan mengambil budaya-budaya yang baru yang konstruktif), maka Pondok Pesantren Langitan dalam perjalanannya qenantiasa melakukan upaya-upaya perbaikan dan kontektualisasi dalam merekonstruksi bangunan-bangunan sosio kultural, khususnya dalam hal pendidikan dan manajemen.

Usaha-usaha ke arah pembaharuan dan modernisasi memang sebuah konsekwensi dari sebuah dunia yang modern. Namun Pondok Pesantren Langitan dalam hal ini mempunyai batasan-batasan yang kongkrit, pembaharuan dan modernisasi tidak boleh merubah atau mereduksi orientasi dan idealisme pesantren.

Sehingga dengan demikian Pondok Pesantren Langitan tidak sampai terombang-ambing oleh derasnya arus globalisasi, namun justru sebaliknya dapat menempatkan diri dalam posisi yang strategis, dan bahkan kadang-kadang dianggap sebagai alternatif

LOKASI DAN ASAL NAMA

LOKASI LANGITAN DILIHAT DARI SATELIT

LOKASI LANGITAN DILIHAT DARI SATELIT

Pondok Pesantren Langitan adalah termasuk salah satu lembaga pendidikan Islam tertua di Indonesia. Berdirinya lembaga ini jauh sebelum Indonesia merdeka yaitu tepatnya pada tahun 1852 M, di Dusun Mandungan Desa Widang Kecamatan Widang Kabupaten Tuban Jawa Timur. Komplek Pondok Pesantren Langitan terletak di samping Bengawan Solo dan berada di atas areal tanah seluas kurang lebih 7 hektar serta pada ketinggian kira-kira tujuh meter di atas permukaan laut.

Lokasi pondok berada kira-kira empat ratus meter sebelah selatan ibukota Kecamatan Widang, atau kurang lebih tiga puluh iilo meter sebelah selatan i`ukota Kabupaten Tuban, juga berbatasan dengan Desa Babat Iecamatan Babat Kabupaten Lamongan dengan jarak kira-kira satu kilo meter. Dengan lokasi yang setrategis ini Pondok Pesantren Langitan menjadi mudah untuk dijangkau melalui sarana angkutan umum, baik sarana transportasi bus, kereta api, atau sarana yang lain. Adapun nama Langitan itu adalah merupakan perubahan dari kata Plangitan, kombinasi dari kata plang (jawa) berarti papan nama dan wetan (jawa) yang berarti timur. Memang di sekitar daerah Widang dahulu, tatkala Pondok Pesantren Langitan ini didirikan pernah berdiri dua buah plang atau papan nama, masing-masing terletak di timur dan barat. Kemudian di dekat plang sebelah wetan dibangunlah sebuah lembaga pendidikan ini, yang kelak karena kebiasaan para pengunjung menjadikan plang wetan sebagai tanda untuk memudahkan orang mendata dan mengunjungi pondok pesantren, maka secara alamiyah pondok pesantren ini diberi nama Plangitan dan selanjutnya populer menjadi Langitan. Kebenaran kata Plangitan tersebut dikuatkan oleh sebuah cap bertuliskan kata Plangitan dalam huruf Arab dan berbahasa Melayu yang tertera dalam kitab “Fathul Mu’in” yang selesai ditulis tangan oleh KH. Ahmad Sholeh, pada hari Selasa 29 Rmbiul Akhir 1297 Hijriyah.

Sumber : http://langitan.net

Iklan

39 Komentar

  1. layli said,

    3 Mei 2009 pada 10:49 am

    salute to langitan..q mngenalny lwt lantunan sholawat para santri langitan.smg langitan bs trz melahirkn ahli2 agama yang bs d jadikan panutan masyarakat sepanjang zaman.amin2

  2. dukun shomadi rohmat said,

    20 Juli 2009 pada 7:31 am

    mohon agar ijazah alfalahiyah bisa di samakan dengan ijazah pada umumnya. agar para alumni dari langitan bisa bersaing dg lulusan lainya.; n klau bisa langitan bisa membuat perguruan tinggi yang khusus tarbiah

  3. GRAFITY said,

    21 Juli 2009 pada 2:38 am

    *Dukun Shomadi Rohmat*
    Usulan dan saran dari anda sangat inspiratif dan sangat logis. Namun keputusan masalah tersebut, bukan merupakan lingkup wewenang dari kami yang notaben-nya hanya sebatas sebuah komunitas “Jebolan” Ponpes Langitan saja , tapi kami akan tetap berusaha untuk menjadi mediator yang akan menyampaikan aspirasi anda ke tingkat pengurus, yang ada di Ponpes Langitan. Ada baiknya juga, klo usulan dan saran tadi , langsung anda tuangkan di situs resmi ponpes Langitan di http://langitan.net.
    Terima kasih atas kunjungan dan masukan-masukannya. Jgn lupa untuk mampir lagi ke sini. 😀

  4. Anonim said,

    5 Agustus 2009 pada 1:04 am

    Di pndk lngtan mengpa tdk d adakn penck silat?pdhl sngt pentng untk menjga dri

  5. ti said,

    4 Oktober 2009 pada 5:59 pm

    anal islamu adabani…… wabil imani karromani……
    aq suka banget lagu itu. apalagi denger suara vocalnya….. jadi pengen……………………………………………………………………………………………..

  6. grafity said,

    14 Oktober 2009 pada 7:55 pm

    *anonymous
    maaf ya, mungkin kalau unek² masalah di adakan ekstrakulikuler seperti pencak silat, etc. anda bisa langsung berhubungan dengan situs langitan : http://www.langitan.net karena di sini hanya blognya komunitas alumni saja.

  7. grafity said,

    14 Oktober 2009 pada 7:57 pm

    *ti
    terima kasih atas kunjungannya, mungkin kalau ada waktu, sampeyan bisa mengunjungi situs Al-muqtashidah di : http://www.almuqtashidah.co.cc di situ sampeyan bisa download lagu² yang terbaru dari albumnya.

  8. hasan tirmidzi said,

    30 Oktober 2009 pada 6:19 pm

    assalamu’alaikum……… hasan ni alumni th 1996

  9. ana said,

    21 November 2009 pada 6:29 am

    wah enk g za mondok di sana ak pingin kesana nieh

  10. lailatul fitriyah said,

    9 Desember 2009 pada 9:54 am

    assalamu`alaikum wr.wb.saya ingin menucapkan selamat atas kemajuan ponpes langitan yang bisa dibilang cukup pesat.saya berharap langitan adalah pondok pesantren yang dapat melahirkan ulama ulama sholihkin fiddunya khattal akhiroh amin……

  11. grafity said,

    12 Desember 2009 pada 3:56 pm

    Waalaikum salam Wr. Wb. terima kasih atas ucapannya..
    kami harapkan kunjungan anda kembali untuk memberikan saran dan kritik terhadap blog grafity ini.

  12. resyana said,

    16 Desember 2009 pada 8:10 am

    mudah-mudahan pondok ini bisa membangun orang2 sholeh……….amin

  13. Muhamad Fathurrohman said,

    6 Januari 2010 pada 1:30 pm

    bismillaahirrohmaanirrohiim, asslm wr wb. Alhmd Lillah wsltu wsslmu ala rslillah. ana brsykur bs dpt webset LGT ini. rasax pingin nxantri lagi.slm kangen buat temen2 alumni lgt Fatoni,samsi,Arifin,Abd Halim,Nur Rofiq,Toyib dll. Slm ta’dzim utk para asatid,u Masbuhin,u Murtaji,u Amar,u Fadholi,u Amin,
    dll. utk Yang Mulia Baginda Syaikhina RM Yai ABD FAQIH wa Ahli Baitihi. Allohu Yarhamhum. Amiin. saya berharap kedepan santri LGT ada yg menjadi penentu kebijakan di Neeri ini,sehingga Indonesia menjadi BALADATUN THOYYIBATUN WAROBBUN GHOFUUR. Amin3x Yaa Robbal A’lmiin.
    by.Fathur Gorontalo – 081356994917. sykron. wsslm.

  14. 1 April 2010 pada 7:11 am

    assalamualaikum……………………..
    gimana kabarnya langitan,bikhair kaan.lama nih g nyapa, bukannya gw takabbur tp,……………..,mw nny niih d banat mujibiyyah dah diadain progrm bhst masail lom………..,fikrah ane ya lbh baik diadain lah wlw skdr antar mstw\antr klmpk, tukan bs melatih bcr & berpikir lbh maju

  15. Muhammad udin said,

    25 April 2010 pada 6:13 pm

    081248992007

  16. Muhammad udin said,

    25 April 2010 pada 6:18 pm

    Ass..!
    Q semoga podok pesantren langitan semakin maju dan selalu sukses by udin (papua)

  17. Muhammad udin said,

    25 April 2010 pada 6:22 pm

    Untk mbak ililx tlog donk sms ke no ini yach by udin 081248992007

  18. ti2en said,

    25 Maret 2011 pada 3:07 am

    ridwan….kitha” ngefans buangets ma u,,suaranye…..bkin hate dek”an…

  19. ti2en said,

    25 Maret 2011 pada 3:12 am

    micoem…salam kenal ya akhi…
    salam sejahtera wt group Al-Muqtasidah…
    kpn nwich,,,group Al-muqtasidah maen ke Banten…
    di tunggu loo kedatangannya,,,

  20. siti salamah said,

    8 April 2011 pada 2:58 pm

    assalammu’alaikum wr.wb
    bwat moh ridlwan sya sneng bnget sma swara’a . sya pngen ke pesantren lngitan biar bsa lngsung ngedenger swara’a yng merdu . mhon di tnggu 3 th lgi sya ke sna ??
    mhon hubungi sya
    083873296818

  21. M. ZAINAL A said,

    4 November 2011 pada 11:48 pm

    wah jadi ajang perkenalan ni,,,,
    ikutan juga aah,,,,
    he,,,, he,,,,
    add fb aq ea!
    zain_sweet@rocketmail.com

    by gr@fity ’07

  22. Anonim said,

    30 September 2012 pada 5:46 am

    asslamualaikum..
    sholawat langitan bgus bgt.. sip (y)
    apalagi suaranya mas m.ridlwan
    saya ngefans sma suaranya

  23. 30 September 2012 pada 5:49 am

    m. ridlwan aq ngefans sma suaranya
    hehehe

  24. 6 Juni 2013 pada 8:31 am

    insya allah aq kn masuk langitan by frido ashter landak kalbar

  25. Anonim said,

    28 Juni 2013 pada 12:49 pm

    . Hmm..
    Sholawatan’a bagus”…
    Hm,apa lagi yang anal islamm..
    Suara’a ridwan keren…
    Aku pengen denger aslinya..pengen bgtt,.

  26. Ririn said,

    30 Juni 2013 pada 4:57 pm

    Assalamualaikum..
    Kak Rofiq alumni grafity yah, grafity tuh singkatan dari apa mas admin?
    ohya, terus gimana kabar kak Rofiq sekarang…
    Apa dia udah nikah?

  27. 25 Juli 2013 pada 12:08 pm

    m.ridwan you is my favorit
    suara qmu bguz bgt pengen dech pnya suara kyak qmu …
    mnta nmbrnya donk

  28. 25 Juli 2013 pada 12:12 pm

    m.ridwan you is my favorit
    suara qmu bguz bgt pengen dech pnya suara kyak qmu …
    mnta nmbrnya donk

  29. Anonim said,

    1 September 2013 pada 3:08 pm

    m. ridwan kami dari Ponpes Izzatul Jannah Lumajang sngat ngfans bnget sama suara kamu

  30. mailani said,

    4 Desember 2013 pada 7:09 pm

    pengen bnget ktemu ridwan ashfy…….

  31. 2 Februari 2014 pada 8:56 pm

    Asslmlkm wr wb,,, subhanallaah alkhmdllh syukron katsiir bgt buat pcinta langitan, akhrnya d izinkn jg sy gabung d ponpes langitan n sy jg bs dgrin langitan lbh bnyk bikin hti&pkiran tnang, slm kenal & syukron katsiir y ! wasslmlkm wr wb…

  32. anisa said,

    7 Maret 2014 pada 9:02 am

    dari dulu pengen bgt mondok di langitan cma gk tw alamat`a jdi sampai sekarang saya masih mencari tentang pondok langitan

  33. Nabila said,

    15 Juni 2014 pada 3:34 pm

    Assalamu’alaikum
    saya sebagai santri langitan sangat bangga denga semua perkembangan langitan yang pesat ini walau saya hanya mondok 6 bulan (desember). tapi seneng banget apalagi anak mujibiyyah ( pondok putri barat ) baek-baek.

  34. Nabila said,

    15 Juni 2014 pada 3:56 pm

    pondok langitan itu diwidang tuban jawa timur. kalo mau mondok disanalebih baik di langitan putri barat aja nis

  35. Siti wardah said,

    18 September 2014 pada 2:23 pm

    Asslamu’alaiqum.,
    Mas ridwan itu berasal dari daerah mana ya.?
    subbhanallah suara nya sangat meluluhkan hati aku 😉

  36. Anonim said,

    3 Oktober 2014 pada 2:20 pm

    Semua akan MUMET pada waktunya

  37. shokhikhun natiqoh said,

    15 Oktober 2014 pada 3:08 pm

    Assalamu ‘alaiqum ,,,
    Buat kang ridwan salam kenal dari aku


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: